PENINGKATAN HASIL PADI DI DESA WARENG

Admin Kab 23 Mei 2017 21:46:54 WIB

       Kelompok Tani kooperator Bendosari Singkar I desa Wareng,tahun ini bekerja sama dengan BPTP DIY melakukan uji coba tanam padi pada masa tanam II. Terletak di bulak Lor Polaman terdiri dari 44 orang anggota kelompok dengan luasan lahan sekitar 44.237 m2.

Saprodi dari BPTP DIY termasuk pendampingan tehnologinya dibuatkan sumur pompa 2 titik,dengan kapasitas debit air 3,2 l/detik.Diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air untuk lahan padi tersebut.

Adapun varitas tanaman padi yang diujicobakan pada lahan tersebut meliputi: Inpari 7,Inpari 10,Inpari 19,Inpari 30,Situbagendit,Situgonggo.Dari varitas -varitas tersebut merupakan tanaman padi genjah/umur pendek.

               Kegitan" Panen Raya " untuk uji coba tahun ini dilaksanakn tanggal 23 Mei kemarin dan dari hasil ubin dapat dihasilkan kuranglebih 6,6 ton/Ha GKP. Selain tanaman padi juga dilakukan ujicoba tanaman jagung varitas BIMA 20 URI dan kedelai Grobogan benih produk Nasional.Untuk tanaman ini dilakukan oleh sekitar 28 orang dengan luasan lahan 27,236 m2.

Dari kedua kegiatan ini diharapkan berkelanjutan  pada musim tanam ke II tahun 2018 dengan luasan lahan yang diperluas.Oleh sebab itu diharapkan petani melakukan percepatan proses kegiatan MH I dengan cara menanam varitas umur yang seragam dan juga sistem semai atau culik lokasi/ngrowok.

Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul menyampaikan bahwa Desa Wareng adalah desa mandiri pangan /penyangga .Rataan hasil panen diatas rata-rata kabupaten Gunungkidul meskipun lahan kering/tadah hujan.

                Dalam kesempatan Panen Raya tersebut,melalui sambutan tertulisnya Bupati Gunungkidul mengapresiasi para petani didesa Wareng atas keuletanya dalam mengolah lahan pertanian.

 

 

                                                                                                                                        By TUGIYO                                                                                     

Komentar atas PENINGKATAN HASIL PADI DI DESA WARENG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi WARENG

tampilkan dalam peta lebih besar